Pentesting Tools, Tutorial, and Information Technology

Senin, 04 Desember 2017

Cara Memperbaiki Kartu Memori/Flashdrive Corrupted



Saat ini di dunia komputer semuanya berbasis pada transfer data yang dimungkinkan melalui perangkat penyimpanan memori portabel yaitu kartu memori, pendrive, dan hard drive. namun, terkadang karena virus dan pengusiran yang salah dari drive ini menyebabkan corrupt. dan dalam hal ini, Windows tidak dapat memformat drive memori portabel anda dengan benar. jadi untuk mengatasi masalah ini, saya akan membahas dengan trik untuk cara memperbaiki Memory Card/USB Hard Drive yang terkena corrupted. dengan metode ini, anda dapat dengan mudah memperbaiki Flashdrive/kartu memori anda dan bisa menggunakannya kembali.

Terkadang karena virus atau mungkin anda lupa meng-eject USB Flashdrive / kartu memori akan menyebabkan corrupt pada Flashdrive / kartu memori tersebut. anda sekarang dapat dengan mudah memperbaiki Flashdrive/kartu memori yang rusak menggunakan metode yang dibahas di bawah ini.

Metode ini didasarkan pada trik Command Prompt yang tidak rumit, dan akan memformat drive eksternal anda, kemudian anda dapat menggunakannya dengan lancar kembali. namun, perhatikan bahwa ini akan menghapus semua file anda dari Flashdrive/kartu memori, dan jika anda memiliki data penting, gunakan recovery tool (alat pemulihan) untuk mengembalikan data ini sebelum menjalankan metode ini.
Jadi ikuti saja langkah sederhana yang telah saya bahas di bawah ini.


#1 Gunakan Troubleshooter



Nah, Troubleshooter adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah Hardware. anda hanya perlu 'TroubleShooting' di menu awal dan kemudian di menu 'Hardware and sound' pilih 'Configure a device' dan ikuti instruksi layar untuk mengatasi masalah perangkat USB atau perangkat keras lainnya.


#2 Mengupdate USB Driver

Jika Windows gagal membaca USB Drive anda maka driver yang sudah ketinggalan zaman mungkin menjadi alasan lain. Nah, terkadang update device driver bisa memperbaiki masalah tersebut. 
Begini cara memperbarui device driver.

1. Pertama-tama anda buka kotak RUN atau jika di Windows XP tekan Winkey + R, lalu ketik devmgmt.msc. ini akan membuka Device Manager.

2. Sekarang anda buka menu Universal Serial Bus Controllers. Di sini anda akan melihat perangkat USB yang rusak atau yang tidak terbaca 'Unknown Device'

3. Klik kanan pada 'Unknown Devices' dan kemudian pilih Update Driver

Dan sekarang jika anda memerlukan update yang diperlukan, itu akan memberi tahu anda. cukup update dan akan memperbaiki masalah yang ada pada drive tersebut.


#3 Mengubah Drive Letter

Terkadang komputer anda tidak dapat menetapkan Drive Letter ke media penyimpanan anda, ini mungkin menjadi alasan mengapa file di dalamnya tidak dapat diakses. oleh karena itu, pastikan drive anda memiliki sebuah letter, atau anda perlu menetapkan Drive Letter ke perangkat anda. 
Begini cara memperbaiki Flashdrive/kartu memori anda dengan menetapkan Drive Letter yang benar.

1. Anda perlu menghubungkan media penyimpanan anda ke PC. sekarang klik kanan pada My Computer dan kemudian klik 'Manage'

2. Sekarang anda klik 'Disk Management'

3. Sekarang klik kanan pada media penyimpanan anda dan kemudian pilih opsi 'Change Drive Setters and Paths'

4. Sekarang pilih Drive Letter di menu drop-down dan kemudian klik OK.


#4 Menginstall Ulang Driver

Terkadang, alasan di balik USB rusak karena komputer anda tidak dapat mendeteksi driver media penyimpanan anda. Karena itu, anda perlu reinstall. ikuti langkah-langkah ini.

1. Klik kanan pada 'My Computer' dan kemudian klik 'Manage'

2. Sekarang anda klik 'Device Manager'

3. Pilih 'Disk Drives' dan pilih Flashdrive anda.

4. Sekarang anda klik 'Uninstall' kemudian klik OK.

5. Sekarang cabut Flashdrive anda dan restart PC anda. lalu hubungkan Flashdrive anda lagi. kemudian PC akan mendeteksinya.


#5 Menggunakan Command Prompt (CMD)

1. Pertama, hubungkan Memory Card/Flashdrive anda ke PC, dan lepaskan semua drive lain jika ada yang terhubung.

2. Sekarang ketik 'CMD' atau jika di Windows XP pilih logo Windows > Accessories > Command Prompt, lalu ketik di command prompt DISKPART lalu enter.

3. Ketik list disk, dan anda akan melihat semua disk yang tertera di sana. sekarang anda akan melihat drive eksternal anda, (perhatikan ukuran size Flashdrive/kartu memori anda).

4. Ketik select disk nomor_disk (contoh: select disk 1) dan tekan enter.

5. Ketik clean lalu tekan enter.

6. Ketik create partition primary lalu enter.

7. Ketik active lalu enter.

8. Ketik select partition 1 lalu enter.

9. Lalu ketik format fs=fat32 dan tekan enter.


Tunggu sampai selesai, setelah itu Flashdrive/kartu memori anda akan berhasil diformat dan bisa digunakan kembali.


#6 Menggunakan USB Fix Software

Ada beberapa alasan mengapa USB Drive anda rusak, ini bisa jadi karena virus, malware, atau masalah perangkat keras. Namun, alat software USB Fix akan men-scan Flashdrive/kartu memori anda yang terkena virus & malware. Jika alat software ini menemukan virus atau malware, itu akan menghapusnya seketika.

1. Download USB Fix & install disini 

2. Setelah terinstal, software ini akan meminta anda untuk me-restart komputer anda. restart komputer anda dan kemudian jalankan lagi software dan klik 'Clean'

3. Tunggu beberapa menit atau detik sampai alat menyelesaikan scanning. Jika USBFix menemukan masalah, itu akan memperbaikinya.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi Flashdrive/kartu memori anda yang corrupt atau terkena virus/malware, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar